Step #2: Setup Autoresponder

Progress
40%

Sekarang kita sampai pada tahapan inti Metode “List Profit System”, yaitu membuat sistem yang memungkinkan anda menampung data kontak dan mengiriminya pesan-pesan follow up secara berkala melalui email. Inilah yang disebut dengan autoresponder.

Inilah nyawa dari Metode “List Profit System”. Autoresponderlah yang memungkinkan anda menghasilkan multiple income hanya dengan sekali kerja.

Seperti yang pernah saya sampaikan, bisnis online tanpa autoresponder itu seperti anda terjun ke kolam mencari ikan, tetapi tanpa memegang jaring ditangan anda. Artinya, pekerjaan anda akan sisa-sia. Jadi, jangan lakukan kesalahan itu.

Menyewa Layanan Autoresponder

Untuk merancang sistem follow up otomatis kepada subscriber, anda membutuhkan sistem autoresponder yang tertanam di website anda. Akan susah jika kita buat script semacam ini sendiri karena membutuhkan keahlian dan fasilitas khusus. Apalagi disini kita tidak berniat membuat website. Cara termudah adalah menyewanya.

Di internet terdapat beberapa layanan autoresponder yang bagus, tetapi yang paling saya rekomendasikan adalah GetResponse. Biayanya sekitar $15 per bulan untuk 1000 subscriber. Semakin banyak subscriber, tentu semakin meningkat biayanya.

Melihat potensi penghasilan yang bisa anda dapat nanti, tentu biaya segini tidak akan jadi masalah. Dari pengalaman, jika anda punya 1000-2000 subscriber tertarget, penghasilan anda mungkin sudah di kisaran Rp 5 jutaan per bulan. Jauh lebih besar dibanding biaya sewa autoresponder yang cuma ratusan ribu rupiah saja per bulan.

Menyiapkan Sistem Autoresponder

Setelah anda memiliki akun GetResponse, langkah selanjutnya adalah menyusun pesan-pesan email yang bakal terkirim secara berkala dan otomatis kepada para subscriber. Pesan-pesan email harus berisi materi bermanfaat yang diselingi dengan rekomendasi beberapa produk affiliasi yang berkaitan dengan topik atau pembahasan anda.

Jika topik anda adalah tentang “strategi bisnis online”, tentunya materi email dan rekomendasi yang akan anda kirimkan adalah seputar topik tersebut. Sebagai contoh,  jika anda menulis pesan email yang membahas tentang pentingnya akutansi dalam bisnis, anda bisa rekomendasikan software akutansi tertentu dengan mencantumkan link affiliasi anda. Jika si prospek membeli, maka anda akan mendapatkan komisi.

Anda bisa susun sekitar 10-20 pesan email dan aturlah supaya terkirim setiap 2-3 hari sekali. Jika anda memiliki 10-20 pesan email yang memberikan rekomendasi ke (misal) 10 produk affiliasi anda, berarti anda memiliki 10 sumber income yang berpotensi dihasilkan hanya dari follow up satu subscriber tersebut.

Saat anda telah menjadi berada di dalam member area GetResponse, anda akan mendapatkan panduan secara lengkap bagaimana membuat list dan menyusun pesan-pesan autoresponder anda. Anda bisa pelajari dengan gamblang di sana.

Catatan: Saat anda mengeluarkan biaya untuk tool bisnis yang diperlukan, jangan pernah bandingkan dengan kondisi keuangan anda saat ini. Tetapi selalu bandingkan dengan potensi hasil yang bisa anda dapat setelah memiliki tool tersebut. Selama potensi hasil jauh lebih besar dari biaya, pengeluaran bukanlah pemborosan melainkan investasi cerdas.

   Sudah saya pahami.

  Langkah Berikutnya